Untuk integrasi Google Analytics, saya memilih Monster Insights (disingkat MI). Bisa diupgrade ke yang berbayar. Tapi pakai yang gratis pun sudah Ok.

Mengapa tidak copy paste code Google Analytics (GA) aja?

Saya ngga tahu pasti, tapi akhir-akhir ini Google sedang merubah-rubah systemnya. Tahun 2017, saat itu saya masih pakai theme OceanWP dan akan pasang kode Google Analytics tapi tidak berhasil. Lalu saya tanyakan ke pembuat theme. Ternyata kode GA yang baru harus pakai plugin. Ngga bisa dikopas ke theme seperti biasanya. Lalu saya coba cek kode GA yang akan dikopas. Ternyata sudah berubah dari kode Google Analytics menjadi kode Google Tag Manager. Jadi daripada pusing mikirin kode jika ada perubahan, saya ikuti saran pembuat OceanWP untuk menggunakan plugin. Waktu itu dia menyarankan sebuah plugin lain. Intinya saya harus pakai plugin, jadi karena saya memang suka yang premium, saya pilih MI. Bisa pakai yang gratis. Jika diperlukan, bisa upgrade ke Premium. Demikian sekilas ceritanya.

Yang gratis bisa didownload di sini

Yang Premium bisa dilihat dan dibeli di sini
https://www.monsterinsights.com/

Kenapa saya pilih Monster Insights?

Ada 2 alasan utama:

  1. MI saat ini dimiliki oleh Syed Balkhi. Programmer yang juga memiliki beberapa plugin dan layanan cloud seperti OptinMonster. Bisa lihat blognya di https://syedbalkhi.com/
  2. Yang saya sukai dari MI adalah MI tidak menghitung akses kita ke website jika kita login ke website kita sebagai admin. Jadi data pengunjung yang ditampilkan adalah murni data pengunjung. Kecuali kalau kita sering-sering akses website kita sendiri tanpa login.
  3. Bisa upgrade ke Premium untuk menambahkan fungsi. Saya memiliki sertifikasi Google Analytics, jadi saya tahu bahwa Google Analytics itu tidak mudah. Nah, MI ini menolong Anda untuk mendapatkan beberapa fitur GA yang lebih advance tanpa harus bersusah-susah belajar GA.

Your Comment