Mengapa saya memilih untuk menggunakan theme dan plugin berbayar? Kenapa ngga pakai yang gratisan aja? Kan banyak tuh yang bagus-bagus.

Berikut alasan saya:

  1. Lebih bagus
  2. Support
  3. Update
  4. Fungsi
  5. Garansi

Dan berikut penjelasannya

LEBIH BAGUS

Berdasar pengalaman saya bertahun-tahun di dunia WordPress, theme dan plugin berbayar lebih bagus daripada yang gratis.

Saya memilih Astra Pro sebagai theme WordPress premium pilihan saya. Lebih lanjut mengenai Astra Pro dapat Anda temukan di bagian berikutnya.

Jika Anda menemukan theme gratis yang lebih bagus dari Astra Pro, tolong kasih tahu saya. Saya akan bandingkan dan beritahu Anda hasilnya.

SmartSlider, salah satu plugin yang saya pilih, bermanfaat untuk membuat slideshow yang indah dan berkesan mewah. Anda lihat sendiri saja contoh tampilannya di https://smartslider3.com/sample-sliders/

Bagus kan?

SUPPORT

Kelemahan theme dan plugin gratis adalah support dari pembuatnya. Karena gratis, jadi memang hampir tidak ada keharusan bagi programmer untuk menjawab pertanyaan dari penggunanya.

Bayangkan jika website yang Anda pakai untuk bisnis atau berjualan bermasalah dan masalah tersebut terjadi karena theme atau plugin yang digunakan. Apa yang akan Anda lakukan jika programmer tidak menjawab atau tidak membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Bisnis Anda bisa terganggu bukan?

UPDATE

WordPress terus menerus dikembangkan, sehingga sering mengalami update. Perubahan kadang hanya sedikit (minor updates), kadang cukup besar (major updates). Dengan adanya update WordPress, theme dan plugin juga harus diupdate. Jika tidak diupdate, kadang terjadi masalah.

Jadi, tanpa update dari pembuat theme, kita memiliki resiko website jadi error, karena theme dan plugin yang tidak compatible dengan WordPress versi terbaru.

Contoh nyata:

Saat ini WordPress sedang mempersiapkan update terbaru yang diberi nama Gutenberg. Bisa dibaca di https://wordpress.org/gutenberg/

Update ini cukup besar sehingga dapat menimbulkan masalah bagi theme dan plugin yang tidak diupdate mengikuti standard Gutenberg.

Berikut artikel mengenai cara mengecek apakah plugin WordPress yang Anda gunakan sudah compatible dengan Gutenberg

Ini baru 1 update saja, yaitu Gutenberg. Padahal WordPress terus-menerus mengupdate softwarenya. Bukan hanya Gutenberg. Berikut daftar rilis update yang dilakukan WordPress sejak tahun 2003 hingga saat ini https://wordpress.org/news/category/releases/

Menggunakan WordPress seperti memiliki kebebasan. Oleh karena itu, pencipta WordPress memberi nama beberapa rilis updatenya dengan nama musisi jazz terkenal seperti: Miles Davis, Oscar Peterson, George Gershwin, John Coltrane, Duke Ellington, dan masih banyak lagi. Bisa Anda baca di sini https://codex.wordpress.org/Current_events

FUNGSI

Selanjutnya, theme dan plugin premium biasanya memberikan fungsi yang lebih banyak daripada yang gratisan.

Contoh:

Theme Astra Pro yang saya gunakan memberikan banyak fungsi yang tidak ada di theme gratisan. Bisa dilihat selengkapnya di https://wpastra.com/astra-pro/

Walaupun Astra Pro tidak memiliki page builder sendiri, namun Astra Pro dibuat berbasis 2 page builder yang menjadi market leader saat ini, yaitu Elementor dan Beaver Builder. Menurut saya, hal ini justru menjadi salah satu kelebihan Astra Pro dan menjadi salah satu alasan saya memilih Astra Pro.

SmartSlider. Dari banyak plugin slideshow yang sudah pernah saya coba. Kebanyakan plugin slideshow yang mudah digunakan, kurang canggih dan kurang mewah tampilannya. Sebaliknya plugin slideshow yang canggih sulit untuk digunakan. SmartSlider menjadi pilihan saya karena canggih namun masih mudah digunakan. Selanjutnya mengenai plugin ini dan plugin lainnya ada di bagian berikutnya.

GARANSI

Theme berbayar biasanya memberikan garansi uang kembali jika theme tidak berfungsi seperti yang diharapkan atau mengalami error yang tidak dapat diperbaiki. Jadi beli theme premium sebetulnya aman.

Namun garansi yang saya maksudkan lebih dari itu, bukan hanya sekedar garansi uang kembali atau money back guarantee yang banyak ditawarkan pembuat theme, tapi lebih kepada garansi kenyamanan dan keamanan. Membeli theme premium seperti membeli kenyamanan dan kepastian jika terjadi error akan ada bantuan dari pembuat theme. Kenyamanan untuk tidak perlu menghubungi pembuat theme jika terjadi update WordPress yang menyebabkan masalah.

Biasanya pembuat theme berbayar mencoba theme mereka dengan versi WordPress yang akan dikeluarkan. Jika terjadi masalah, mereka akan perbaiki dan update sebelum versi WordPress keluar. Seringkali update theme keluar bersamaan, berbarengan atau bahkan sebelum versi WordPress keluar.

Contoh: saat ini sudah banyak pembuat theme dan plugin yang menyatakan bahwa update terbaru mereka sudah compatible dengan Gutenberg, walaupun WordPress belum merilis fitur ini.

Pertanyaannya:

Anda mau pilih theme GRATIS atau PREMIUM?

Jawabannya terserah Anda

Your Comment